Untuk Baca Artikel di blog ini Klik Tombol BUKA Dibawah Ini!!!
Pastikan javascript di browser sobat aktive, agar tombol BUKA berfungsi dengan baik...

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya

Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya - Perlu diketahui Menggunakan sebuah Mikroskop Cahaya ini pernah saya lakukan ketika saya masih duduk dibangku SMP dulu, mungkin sekarang SD pun telah melakukan hal ini. Untuk membantu adik-adik atau para peneliti yang ingin melakukan pengamatan suatu obyek, yuk kita lihat terlebih dahulu bagian-bagian apa saja yang ada di Mikroskop Cahaya dan bagaimanakah cara menggunakan mikroskop cahaya ini.

Bagian-Bagian yang terdapat di Mikroskop Cahaya :

Mikroskop Cahaya

Baiklah jika sudah mengetahui komponennya, mari kita lihat cara menggunakan mikroskop cahaya Perhatikan langkah-langkah berikut ini :

1. Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pemakai !


Mikroskop Cahaya 


2. Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisinya satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver

Mikroskop Cahaya

3. Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang). 

Mikroskop Cahaya


4. Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda!

Mikroskop Cahaya





5. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus !

Mikroskop Cahaya



6. Apabila bayangan obyek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik.

Mikroskop Cahaya


Apabila  kita telah selesai menggunakan, bersihkan terlebih dahulu mikroskop sebelum kita simpan pada tempat yang tidak lembab. Sekian dulu praktek Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya semoga ilmu yang didapat bisa kita terapkan pada masa sekarang dan yang akan datang. Selamat mencoba dan semoga sukses

[ Sumber : e-dukasi ]
rating 5

Ali Bloggers 20 Mar, 2012


-
Source: http://m-wali.blogspot.com/2012/03/cara-menggunakan-mikroskop-cahaya.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Serangga Kawin | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan